S T R U K T U R D A S A R P E R U L A N G A N -
W H I L E
Perulangan WHILE banyak digunakan pada program yang terstruktur. Perulangan ini banyak digunakan bila jumlah perulangannya belum diketahui. Proses perulangan akan terus berlanjut selama kondisinya bernilai benar (true) dan akan berhenti bila kondisinya bernilai salah.
Bentuk Umum:
while (kondisi)
{
/* aksi ---
jika kondisi bernilai true (terpenuhi) */
}
C/:
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int C,x; // Mendeklarasikan varaiebl C sebagai indeks pengulangan
C = 0;
x=10; // Melakukan inisialisasi nilai terhadap variabel C
while (C<=x)
{
cout<<"Saya sangat menyukai C++"<<endl;
C=C+1;
}
return 0;
}
using namespace std;
int main()
{
int C,x; // Mendeklarasikan varaiebl C sebagai indeks pengulangan
C = 0;
x=10; // Melakukan inisialisasi nilai terhadap variabel C
while (C<=x)
{
cout<<"Saya sangat menyukai C++"<<endl;
C=C+1;
}
return 0;
}
S T R U K T U R D A S A R P E R U L A N G A N –
D O - W H I L E
Pada dasarnya struktur perulangan do....while sama saja dengan struktur while, hanya saja pada proses perulangan dengan while, seleksi berada di while yang letaknya di atas sementara pada perulangan do....while, seleksi while berada di bawah batas perulangan. Jadi dengan menggunakan struktur do…while sekurang- kurangnya akan terjadi satu kali perulangan.
Bentuk Umum:
do
{
/* aksi ---
jika kondisi bernilai true (terpenuhi) */
}
while (kondisi);
C/:
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
int C = 0;
do
{
cout<<C<<"\n"<<"\n";
C++;
}
while (C < 10);
return 0;
}
Buatkanlah coding pada masing-masing kondisi do while dan while sesuai dengan output di bawah ini menggunakan basic pemrograman C++ dan C#. Disertakan skema FLOWCHART untuk masink-masing coding program.
NB:
Tugas ini dikumpulkan berupa salinan catatan plus tugas latihan di kelas. Jadi jangan pernah menunda tugas.....!!!
Comments
Post a Comment