Penggunaan GUI Dalam Pemrograman C++
Menggunakan Kondisi True or False
Menggunakan Kondisi True or False
Sebelumnya sudah di bahas tentang cara penggunaan GUI dalam C++. Sekarang akan di bahas tentang penggunaan button sebagai saran eksekusi kondisi. Dalam pemrograman GUI dengan memberi kondisi, lebih mudah dengan syarat pemahaman dalam materi-materi sebelumnya sudah matang.
Pada materi ini akan menggunakan perintah PARSE. Adapun perintah tersebut sebagai "Konvert" tipe data dari object asal ke object di tuju.
Lalu hasil dari proses tersebut akan di tampilkan pada MessageBox. Adapun format dari syntac-nya adalah
MessageBox::Show([Isi dari message],[Title Bar])
Berikut adalah tahap-tahap :
1. Pembuatan project
Terdiri dari 1 buah label, 1 buah textbox dan 2 buah button
- Label pada properties-->Font-->Text, diganti menjadi Testing bilangan Genap atau Ganjil
- TextBox01 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi txt_input
- Button01 & button02 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi btn_tes & btn_keluar.
- Button01, button02 & button03 pada properties-->Font-->Text, diganti menjadi Tes & Keluar
3. Untuk koding, silahkan doubleclick masing-masing button lalu salin/samakan koding di bawah ini :
#pragma endregion
private: System::Void btn_Tes_Click(System::Object^ sender, System::EventArgs^ e)
{
int sisa, bil;
bil = Int32::Parse(txt_input->Text);
sisa = bil % 2;
if(sisa==0)
{
MessageBox::Show("Hey Cuy, ente memasukkan "+txt_input->Text+
", itu bilangan genap. OCREEE","ganteng");
} else
{
MessageBox::Show("Hey Cuy, ente memasukkan "+txt_input->Text+
", itu bilangan ganjil. OCREEE","Info ALAY");
}
}
private: System::Void btn_keluar_Click(System::Object^ sender, System::EventArgs^ e)
{
this->Close();
}
};
4. Setelah itu di compile dan di run.
Bila instruksi di atas sudah benar, maka akan di hasilkan seperti ini :
Selamat mencoba...!!!!
NB:
{Tugas sedang mnyusul....}
{Tugas sedang mnyusul....}
Comments
Post a Comment