Skip to main content

Materi Pemrograman Dasar C++/C# Part 5

Penggunaan GUI Dalam Pemrograman C++

Dialam penggunaan GUI dalam pemrograman C++ tidaklah sulit. Prinsip yang digunakan hanya "click n drag". Namun perlu di ketahui bahwa matangkan dahulu tipe data serta logika pemrograman via terminal/console. Sebab, bila masuk dalam GUI akan di "sibukkan" dengan pola logika yang lebih "kompleks".
Berikut adalah tahap-tahap dasar pengenalan GUI di dalam Visual C++ :
1. Pembuatan project






2. Pengenalan Toolbox dan Property




Untuk lebih memahami lagi silahkan buatkan latihan di bawah ini :
1. Buatkan Project name baru dengan menggunakan 3 buah Textbox dan 3 buah Button

2. Untuk TextBox dan Button ubah data sebagai berikut :
   - TextBox01, TextBox02 & TextBox03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi txt_global, txt_varlocal01 & txt_varlocal02
   - Button01, button02 & button03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi btn_global, btn_varlocal01 & btn_varlocal02.
   - Button01, button02 & button03 pada properties-->Font-->Text, diganti menjadi Var Global, Var Local 01 & Var Local 02.
3. Untuk koding, silahkan doubleclick masing-masing button lalu salin/samakan koding di bawah ini :
   a. Scrool ke TOP :

        using namespace System;
using namespace System::ComponentModel;
using namespace System::Collections;
using namespace System::Windows::Forms;
using namespace System::Data;
using namespace System::Drawing;

//Tambahan pendeklarasian variabel tuk semua

int Bejo;

   b. Bagian bawah :
#pragma endregion
private: System::Void btn_global_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
Bejo = 50;
txt_global->Text= Bejo.ToString();
}

private: System::Void btn_local1_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
txt_local1->Text = "Ganteng Banget";
}

private: System::Void btn_local2_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
txt_local2->Text = "Ganteng Banget"+Bejo;
}

};

4. Setelah itu di compile dan di run.

Bila instruksi di atas sudah benar, maka akan di hasilkan seperti ini :


Selamat mencoba...!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Basic DRONE Part 4

CARA KALIBRASI DRONE Apa itu kalibrasi? Kalibrasi drone adalah tindakan memastikan bahwa sensor atau instrumen yang digunakan dalam pengukuran akan menghasilkan hasil yang akurat. maka carilah informasi mengenai cara kalibrani drone yang baik dan benar agar tidak salah langkah, contohnya pada artikel ini, begitu lengkap pembahasan tentang cara kalibrasi drone. Apa itu kalibrasi drone? Mengkalibrasi drone atau pengontrol adalah proses pengaturan atau perbaikan kesalahan yang menyebabkan pengukuran sensor tidak akurat. cara kalibrasi drone Ini dilakukan untuk memeriksa dan menyesuaikan atau menentukan dengan perbandingan dengan model standar dan untuk membuat koreksi secara akurat. Drone memiliki banyak sensor yang berfungsi untuk menjaga efisiensi penerbangan, seperti gyro, akselerometer, barometer, magnetometer, dll. Anda harus memastikan sensor ini memiliki pengukuran akurat untuk terbang dengan aman.Sensor-sensor ini dapat, melalui getaran, penuaan, benturan, melaya...

Komposisi Foto untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 1

Komposisi Foto (Part 1 ) untuk Siswa/i SMK dan sederajat Macam-macam Komposisi Fotografi Sebuah foto dapat dijadikan sebagai sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, hal penting yang harus dipahami selain berbagai teknik dasar fotografi dan macam-macam lensa kamera adalah komposisi. Komposisi memiliki kekuatan untuk menyampaikan secara tepat pesan yang ingin kita sampaikan melalui media sebuah foto yang di hasilkan kepada viewer Komposisi adalah sebuah cara untuk memandu mata viewer untuk melihat elemen yang sangat penting dari sebuah foto. Sebuah komposisi yang baik dapat membantu terciptanya sebuah karya seni dari sebuah foto. Sebaliknya, komposisi yang tidak baik atau buruk dapat merusak makna sebuah foto secara keseluruhan. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer melalui media foto menjadi tidak tersampaikan kepada viewer dan komunikasi yang ef...

Dasar Design Komunikasi Visual Part 01

K3 Dalam Berbisnis DKV dan Bekerja di Industri   K3 Dalam Berbisnis DKV dan Bekerja di Industri – Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dalam Berbisnis dan Bekerja di Industri menyangkut dengan penggunaan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan bahkan keselamatan kita. Penggunaan komputer dapat menyebabkan penggunanya menderita nyeri otot dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, pinggang bagian bawah, sakit ginjal, mata merah berair, bahkan gangguan penghilatan. Dalam materi ini akan mempelajari apa saja K-3 dalam dunia kerja profesi Desain Komunikasi Visual meliputi keselamatan pada individu pekerja, peralatan kerja, hasil kerja serta lingkungan kerja. Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus diperhatikan agar dalam suatu pekerjaan tidak terjadi suatu musibah atau kecelakaan yang berakibat pada kegagalan produksi kerja tersebut.  Kesalahan pada suatu proses kerja akan terus berak...