Skip to main content

Materi Pemrograman Dasar C++/C# Part 5

Penggunaan GUI Dalam Pemrograman C++

Dialam penggunaan GUI dalam pemrograman C++ tidaklah sulit. Prinsip yang digunakan hanya "click n drag". Namun perlu di ketahui bahwa matangkan dahulu tipe data serta logika pemrograman via terminal/console. Sebab, bila masuk dalam GUI akan di "sibukkan" dengan pola logika yang lebih "kompleks".
Berikut adalah tahap-tahap dasar pengenalan GUI di dalam Visual C++ :
1. Pembuatan project






2. Pengenalan Toolbox dan Property




Untuk lebih memahami lagi silahkan buatkan latihan di bawah ini :
1. Buatkan Project name baru dengan menggunakan 3 buah Textbox dan 3 buah Button

2. Untuk TextBox dan Button ubah data sebagai berikut :
   - TextBox01, TextBox02 & TextBox03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi txt_global, txt_varlocal01 & txt_varlocal02
   - Button01, button02 & button03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi btn_global, btn_varlocal01 & btn_varlocal02.
   - Button01, button02 & button03 pada properties-->Font-->Text, diganti menjadi Var Global, Var Local 01 & Var Local 02.
3. Untuk koding, silahkan doubleclick masing-masing button lalu salin/samakan koding di bawah ini :
   a. Scrool ke TOP :

        using namespace System;
using namespace System::ComponentModel;
using namespace System::Collections;
using namespace System::Windows::Forms;
using namespace System::Data;
using namespace System::Drawing;

//Tambahan pendeklarasian variabel tuk semua

int Bejo;

   b. Bagian bawah :
#pragma endregion
private: System::Void btn_global_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
Bejo = 50;
txt_global->Text= Bejo.ToString();
}

private: System::Void btn_local1_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
txt_local1->Text = "Ganteng Banget";
}

private: System::Void btn_local2_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
txt_local2->Text = "Ganteng Banget"+Bejo;
}

};

4. Setelah itu di compile dan di run.

Bila instruksi di atas sudah benar, maka akan di hasilkan seperti ini :


Selamat mencoba...!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Komposisi Foto untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 1

Komposisi Foto (Part 1 ) untuk Siswa/i SMK dan sederajat Macam-macam Komposisi Fotografi Sebuah foto dapat dijadikan sebagai sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, hal penting yang harus dipahami selain berbagai teknik dasar fotografi dan macam-macam lensa kamera adalah komposisi. Komposisi memiliki kekuatan untuk menyampaikan secara tepat pesan yang ingin kita sampaikan melalui media sebuah foto yang di hasilkan kepada viewer Komposisi adalah sebuah cara untuk memandu mata viewer untuk melihat elemen yang sangat penting dari sebuah foto. Sebuah komposisi yang baik dapat membantu terciptanya sebuah karya seni dari sebuah foto. Sebaliknya, komposisi yang tidak baik atau buruk dapat merusak makna sebuah foto secara keseluruhan. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer melalui media foto menjadi tidak tersampaikan kepada viewer dan komunikasi yang ef...

Basic DRONE Part 4

CARA KALIBRASI DRONE Apa itu kalibrasi? Kalibrasi drone adalah tindakan memastikan bahwa sensor atau instrumen yang digunakan dalam pengukuran akan menghasilkan hasil yang akurat. maka carilah informasi mengenai cara kalibrani drone yang baik dan benar agar tidak salah langkah, contohnya pada artikel ini, begitu lengkap pembahasan tentang cara kalibrasi drone. Apa itu kalibrasi drone? Mengkalibrasi drone atau pengontrol adalah proses pengaturan atau perbaikan kesalahan yang menyebabkan pengukuran sensor tidak akurat. cara kalibrasi drone Ini dilakukan untuk memeriksa dan menyesuaikan atau menentukan dengan perbandingan dengan model standar dan untuk membuat koreksi secara akurat. Drone memiliki banyak sensor yang berfungsi untuk menjaga efisiensi penerbangan, seperti gyro, akselerometer, barometer, magnetometer, dll. Anda harus memastikan sensor ini memiliki pengukuran akurat untuk terbang dengan aman.Sensor-sensor ini dapat, melalui getaran, penuaan, benturan, melaya...

Tehnik Dasar Pengambilan Gambar Video/Film (Part 3) untuk Siswa/i SMK dan sederajat

Tehnik Dasar Pengambilan Gambar Video/Film (Part 3) untuk Siswa/i SMK dan sederajat DASAR PENGAMBILAN GAMBAR N ah pada pembahasan saat ini, akan dibahas tentang bagaimana gambar akan berbicara lewat pergerakan kamera itu sendiri tanpa memberikan effect lewat digital aplikasi editing. Dalam pembahasan saat ini, karena kamera merupakan alat pengambilan gambar yang tetap. Maka dibutuhkan juga alat pembantu (support) agar pergerakan kamera dapat mencapai tujuannya. Gerakan kamera akan menghasilkan gambar yang berbeda. Oleh karenanya maka dibedakan dengan istilah-istilah sebagai berikut:  Zoom In/ Zoom Out , kamera bergerak menjauh dan mendekati objek dengan menggunakan tombol zooming yang ada di kamera.  Panning , gerakan kamera menoleh ke kiri dan ke kanan dari atas tripod.  Tilting , gerakan kamera ke atas dan ke bawah. Tilt Up jika kamera mendongak dan tilt down jika kamera mengangguk.  Dolly , kedudukan kamera di trip...