Penggunaan GUI Dalam Pemrograman C++
Dialam penggunaan GUI dalam pemrograman C++ tidaklah sulit. Prinsip yang digunakan hanya "click n drag". Namun perlu di ketahui bahwa matangkan dahulu tipe data serta logika pemrograman via terminal/console. Sebab, bila masuk dalam GUI akan di "sibukkan" dengan pola logika yang lebih "kompleks".
Berikut adalah tahap-tahap dasar pengenalan GUI di dalam Visual C++ :
1. Pembuatan project
2. Pengenalan Toolbox dan Property
Untuk lebih memahami lagi silahkan buatkan latihan di bawah ini :
1. Buatkan Project name baru dengan menggunakan 3 buah Textbox dan 3 buah Button
2. Untuk TextBox dan Button ubah data sebagai berikut :
- TextBox01, TextBox02 & TextBox03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi txt_global, txt_varlocal01 & txt_varlocal02
- Button01, button02 & button03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi btn_global, btn_varlocal01 & btn_varlocal02.
- Button01, button02 & button03 pada properties-->Font-->Text, diganti menjadi Var Global, Var Local 01 & Var Local 02.
3. Untuk koding, silahkan doubleclick masing-masing button lalu salin/samakan koding di bawah ini :
a. Scrool ke TOP :
using namespace System;
using namespace System::ComponentModel;
using namespace System::Collections;
using namespace System::Windows::Forms;
using namespace System::Data;
using namespace System::Drawing;
//Tambahan pendeklarasian variabel tuk semua
int Bejo;
b. Bagian bawah :
#pragma endregion
private: System::Void btn_global_Click(System::Object^ sender, System::EventArgs^ e)
{
Bejo = 50;
txt_global->Text= Bejo.ToString();
}
private: System::Void btn_local1_Click(System::Object^ sender, System::EventArgs^ e)
{
txt_local1->Text = "Ganteng Banget";
}
private: System::Void btn_local2_Click(System::Object^ sender, System::EventArgs^ e)
{
txt_local2->Text = "Ganteng Banget"+Bejo;
}
};
4. Setelah itu di compile dan di run.
Bila instruksi di atas sudah benar, maka akan di hasilkan seperti ini :
Selamat mencoba...!!!!
Comments
Post a Comment