Skip to main content

Materi Pemrograman Dasar C++/C# Part 5

Penggunaan GUI Dalam Pemrograman C++

Dialam penggunaan GUI dalam pemrograman C++ tidaklah sulit. Prinsip yang digunakan hanya "click n drag". Namun perlu di ketahui bahwa matangkan dahulu tipe data serta logika pemrograman via terminal/console. Sebab, bila masuk dalam GUI akan di "sibukkan" dengan pola logika yang lebih "kompleks".
Berikut adalah tahap-tahap dasar pengenalan GUI di dalam Visual C++ :
1. Pembuatan project






2. Pengenalan Toolbox dan Property




Untuk lebih memahami lagi silahkan buatkan latihan di bawah ini :
1. Buatkan Project name baru dengan menggunakan 3 buah Textbox dan 3 buah Button

2. Untuk TextBox dan Button ubah data sebagai berikut :
   - TextBox01, TextBox02 & TextBox03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi txt_global, txt_varlocal01 & txt_varlocal02
   - Button01, button02 & button03 pada properties-->Design-->Name, diganti menjadi btn_global, btn_varlocal01 & btn_varlocal02.
   - Button01, button02 & button03 pada properties-->Font-->Text, diganti menjadi Var Global, Var Local 01 & Var Local 02.
3. Untuk koding, silahkan doubleclick masing-masing button lalu salin/samakan koding di bawah ini :
   a. Scrool ke TOP :

        using namespace System;
using namespace System::ComponentModel;
using namespace System::Collections;
using namespace System::Windows::Forms;
using namespace System::Data;
using namespace System::Drawing;

//Tambahan pendeklarasian variabel tuk semua

int Bejo;

   b. Bagian bawah :
#pragma endregion
private: System::Void btn_global_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
Bejo = 50;
txt_global->Text= Bejo.ToString();
}

private: System::Void btn_local1_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
txt_local1->Text = "Ganteng Banget";
}

private: System::Void btn_local2_Click(System::Object^  sender, System::EventArgs^  e)
{
txt_local2->Text = "Ganteng Banget"+Bejo;
}

};

4. Setelah itu di compile dan di run.

Bila instruksi di atas sudah benar, maka akan di hasilkan seperti ini :


Selamat mencoba...!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Komposisi Foto untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 1

Komposisi Foto (Part 1 ) untuk Siswa/i SMK dan sederajat Macam-macam Komposisi Fotografi Sebuah foto dapat dijadikan sebagai sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, hal penting yang harus dipahami selain berbagai teknik dasar fotografi dan macam-macam lensa kamera adalah komposisi. Komposisi memiliki kekuatan untuk menyampaikan secara tepat pesan yang ingin kita sampaikan melalui media sebuah foto yang di hasilkan kepada viewer Komposisi adalah sebuah cara untuk memandu mata viewer untuk melihat elemen yang sangat penting dari sebuah foto. Sebuah komposisi yang baik dapat membantu terciptanya sebuah karya seni dari sebuah foto. Sebaliknya, komposisi yang tidak baik atau buruk dapat merusak makna sebuah foto secara keseluruhan. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer melalui media foto menjadi tidak tersampaikan kepada viewer dan komunikasi yang efektif pun tidak akan terjadi. Dalam fotografi

Pengolah Gamb Digital part 1

Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop Adobe Photoshop ini adalah suatu prodak dari ADOBE yang sengaja diluncurkan untuk para profesional photography yang hobinya Pra Wedding & Editing Photos. Adobe Photoshop adalah suatu softwae yang sangat ampuh untuk mengolah/mengedit photo.Adobe Photoshop kini sudah mengoleksi versi-versinya, mulai dari versi 7.0, 8.0(CS), 9.0(CS2), 10.0(CS3), 11.0(CS4), 12.0(CS5), sampai Versi yang saat ini adalah versi 13.0(CS6). Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop. Keterangan 1. ToolBox 2. Area Kerja Photosop 3. Status Bar 4. Menu Bar 5. Tool Option Bar 6. Palette, dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, dan layer palette. 1.1. ToolBox Bagian ini berisi berbagi jenis tools yang digunakan untuk melakukan perubahan, manipulasi, seleksi, menghapus dan sebagainya. 1.2. Area Kerja Photosop Pada bagian ini adalah bagian para Editing mengolah gambar yang akan di edit. 1.3. Status Bar Status Bar adalah keterangan suatu tools

Design Grafis Percetakan part 17 (untuk Siswa/i SMK dan sederajat)

Sampul Majalah  Istilah Sampul dalam media cetak dapat diartikan sebagai halaman terdepan yang menonjolkan atau merepresentasikan isi dari sebuah media cetak tersebut. Selain kepada majalah, istilah Sampul juga digunakan pada media media cetak lainya seperti CD album, flim, katalog, Newsletter/bulletin, buku, dan lain lain.  Dalam majalah sampul merupakan salah satu faktor penentu laris tidaknya sebuah majalah, karena sebelum melihat isi/konten dari sebuah majalah target audiens pasti akan melihat sampul dari majalah tersebut, jika sampul nya tidak menarik maka sulit untuk target audiens bisa masuk kedalam isi dari sebuah majalah.  Sebuah majalah cenderung menggunakan publik figur sebagai sampul yang bertujuan untuk meningkatkan dan menarik minat dari target audiens, khususnya kepada majalah majalah lifestyle, musik, politik dan lain lain.  Fungsi Tipografi Dalam Layout Majalah Perkembangan teknologi memberikan persepsi yang berbeda dalam beberapa bidang keahlian dalam men