Skip to main content

Penyusunan Proposal Multimedia untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 01

Penyusunan Proposal Multimedia


Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standard dapat juga dinyatakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru, atau dapat dikatakan bahwa proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang berisai mengenai usaha yang sedang direncanakan.

Pada jaman sekarang penyusunan proposal usaha dapat dijadikan me­dia komunikasi. Yang penting bagi wira usahawan adalah untuk mener­angkan profil usaha atau bisnis baru harus didiskripsikan , mulai dari proyek yang akan dilakukannya, yaitu pemasaran , penelitian dan pengem­bangannya, management usaha re­siko yang dihadapi, masalah financial, samapai penhjadwalan waktunya.

Adapun deskripsi tiap aspek sangat penting untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai usaha/produk yang akan diajukan, kemana proposal akan dibawa dan bagaimana wir­ausahawan dapat merealisasikan proposal usaha tersebut

Sebelum membuka usaha seorang wirausawan perlu menyusun dan menetapkan llangkah-langkah yang tepat untuk dapat mencapai ke­berhasilannya. Langkah-langkah ini menyangkut segala sesuatu yang akan dilakukannya, management usaha, pamasaran, pemilihan produk, resiko yang harus dihadapai serta masalah keuangan. Langkah-langkah tersebut disusun rapid an tertulis dalam bentuk proposal.
Gambaran unsur usaha yang dike­mukakan sangat penting untuk mem­beri penjelassan mengenai produk yang ditawarkan. Begitu pentingnya proposal usaha maka hendaknya penyususnan proposal usaha harus murni dibuat oleh wirausawan sendiri dan tidak sekedar menyalin proposal usaha milik orang lain. Proposal usaha pada intinya mencakup sa­saran dan strategi. Sasaran adalah apa yang ingin dicapai perusahaan, seangkan strategi adalah arah tinda­kan untuk mencapai sasaran usaha. Dalam strategi mencakup perihal per­siapan perusahaan untuk mengha­dapi situasi yang ada.

Faktor - factor penyususunan proposal usaha perlu diperhatikan beberapa factor berikut :
1. Tujuan yang realistis
Tujuan yang akan dicapai dalam pe­rusahaan sangat berpengaruh dalam menentukan langkah-langkah kede­pan serta harus disesuaikan dengan kemampuan ,spesifik dan dapat diu­kur serta ada kesatuan antara waktu dan parameternya

2. Fleksibelitas
Harus mudah disesuaikan dengan perkembangan usaha dan memung­kinkan munculnya alternative strategi yang dipormulasikan

3. Batasan waktu
Sub-sub tujuan proposal usaha harus dibuat secara berkesinambunangan dan adanya evaluasi waktu (skhedule kerja) atau kemajuan yang akan di­capai didalam usaha Jadi buatalah cek list target development untuk mengukur pencapain target pekerjaan atau perkembangan proyek ataupun product.

4. Komitmen
Usaha perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak yang terlibatat, baik itu dari pihak keluarga, mitra bisnis, karyawan ataupun anggota lain. San­gat diperlukan komitmen yang tinggi atas usaha yang akan dicapai serta mental yang handal apapun yang terjadi penuh perjuangan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, motto itu perlu kita pegang dan perlu diyakini bahwa segala usaha yang dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar suatu saat akan mencapai keberhasilan. Walaupun ada orang yang tidak percaya bahwa dunia ber­putar oleh orang yang sedang men­dapat kejayaan tapi untuk orang yang sedang dibawah dalam arti kata se­dang merintis ataupun bangkrut kita harus yakin bahwa dunia akan bepu­tar memutarkan kondisi kita yang se­dang bangkrut menjadi sukses.


Manfaat proposal usaha
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh wirausahawan dengan penyusunan proposal usaha/bisnis penawaran produk yaitu sebagai berikut:
  1. Berguna untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata.
  2. Membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharap­kandari sudut pandang pihak lain.
  3. Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menye­luruh
  4. Membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan di­masukinya.
  5. Persainganfa kotor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha da­pat mendekati asumsi-asumsi se­cara cermat, mengenai seberapa besar angka keberhasilan dalam usaha.
Adapun manfaat lain dari proposal usaha adalah semakin jelasnya sum­ber-sumber keuangan. Hal ini dimungkinkan karena hal berikut ini :
  1. Proposal usaha dapat menjadi sebuah gambaran seorang wir­ausahawan.pemula dan se­berapa jauh kemampuan mana­jerial
  2. Dapat mengidentifikasi adanya risiko kritis pada saat penting, guna memudahkan penemuan langkah antisipasi.
  3. Memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin diraih.
  4. Memberikan sumber-sumber finan­sial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung infor­masi penting dan evaluasi finan­sial.
  5. Memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya.
Oleh karena proposal usaha itu dibuat bukan untuk dikonsumsi sendiri, melainkan untuk pihak luar yang terkait, seperti bankir, investor, konsumen, konsultan, pengacara, pemerintah daerah, dan sebagainya, maka wirausahawan dalam menyaji­kan proposal usaha harus selengkap mungkin. Dengan bahasa yang mu­dah dipahami dan sederhana. 
Ada beberapa hal yang sebaiknya dimiliki oleh wirausahawan atau tim penyusun proposal usaha, yaitu se­bagai berikut: 
  1. Pengetahuan teknologi, layak rea­tivitas, inisiatif, dan inovatif.
  2. Kemampuan membuat proyeksi keuangan.
  3. Kemampuan dalam bidang pema­saran.
  4. Pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya

Sumber : Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan


Comments

Popular posts from this blog

Komposisi Foto untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 1

Komposisi Foto (Part 1 ) untuk Siswa/i SMK dan sederajat Macam-macam Komposisi Fotografi Sebuah foto dapat dijadikan sebagai sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, hal penting yang harus dipahami selain berbagai teknik dasar fotografi dan macam-macam lensa kamera adalah komposisi. Komposisi memiliki kekuatan untuk menyampaikan secara tepat pesan yang ingin kita sampaikan melalui media sebuah foto yang di hasilkan kepada viewer Komposisi adalah sebuah cara untuk memandu mata viewer untuk melihat elemen yang sangat penting dari sebuah foto. Sebuah komposisi yang baik dapat membantu terciptanya sebuah karya seni dari sebuah foto. Sebaliknya, komposisi yang tidak baik atau buruk dapat merusak makna sebuah foto secara keseluruhan. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer melalui media foto menjadi tidak tersampaikan kepada viewer dan komunikasi yang efektif pun tidak akan terjadi. Dalam fotografi

Pengolah Gamb Digital part 1

Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop Adobe Photoshop ini adalah suatu prodak dari ADOBE yang sengaja diluncurkan untuk para profesional photography yang hobinya Pra Wedding & Editing Photos. Adobe Photoshop adalah suatu softwae yang sangat ampuh untuk mengolah/mengedit photo.Adobe Photoshop kini sudah mengoleksi versi-versinya, mulai dari versi 7.0, 8.0(CS), 9.0(CS2), 10.0(CS3), 11.0(CS4), 12.0(CS5), sampai Versi yang saat ini adalah versi 13.0(CS6). Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop. Keterangan 1. ToolBox 2. Area Kerja Photosop 3. Status Bar 4. Menu Bar 5. Tool Option Bar 6. Palette, dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, dan layer palette. 1.1. ToolBox Bagian ini berisi berbagi jenis tools yang digunakan untuk melakukan perubahan, manipulasi, seleksi, menghapus dan sebagainya. 1.2. Area Kerja Photosop Pada bagian ini adalah bagian para Editing mengolah gambar yang akan di edit. 1.3. Status Bar Status Bar adalah keterangan suatu tools

Design Grafis Percetakan part 17 (untuk Siswa/i SMK dan sederajat)

Sampul Majalah  Istilah Sampul dalam media cetak dapat diartikan sebagai halaman terdepan yang menonjolkan atau merepresentasikan isi dari sebuah media cetak tersebut. Selain kepada majalah, istilah Sampul juga digunakan pada media media cetak lainya seperti CD album, flim, katalog, Newsletter/bulletin, buku, dan lain lain.  Dalam majalah sampul merupakan salah satu faktor penentu laris tidaknya sebuah majalah, karena sebelum melihat isi/konten dari sebuah majalah target audiens pasti akan melihat sampul dari majalah tersebut, jika sampul nya tidak menarik maka sulit untuk target audiens bisa masuk kedalam isi dari sebuah majalah.  Sebuah majalah cenderung menggunakan publik figur sebagai sampul yang bertujuan untuk meningkatkan dan menarik minat dari target audiens, khususnya kepada majalah majalah lifestyle, musik, politik dan lain lain.  Fungsi Tipografi Dalam Layout Majalah Perkembangan teknologi memberikan persepsi yang berbeda dalam beberapa bidang keahlian dalam men