Penyusunan Proposal Multimedia
Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standard dapat juga dinyatakan dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang relevan, baik internal maupun eksternal, mengenai usaha atau proyek baru, atau dapat dikatakan bahwa proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang berisai mengenai usaha yang sedang direncanakan.
Pada jaman sekarang penyusunan proposal usaha dapat dijadikan media komunikasi. Yang penting bagi wira usahawan adalah untuk menerangkan profil usaha atau bisnis baru harus didiskripsikan , mulai dari proyek yang akan dilakukannya, yaitu pemasaran , penelitian dan pengembangannya, management usaha resiko yang dihadapi, masalah financial, samapai penhjadwalan waktunya.
Adapun deskripsi tiap aspek sangat penting untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai usaha/produk yang akan diajukan, kemana proposal akan dibawa dan bagaimana wirausahawan dapat merealisasikan proposal usaha tersebut
Sebelum membuka usaha seorang wirausawan perlu menyusun dan menetapkan llangkah-langkah yang tepat untuk dapat mencapai keberhasilannya. Langkah-langkah ini menyangkut segala sesuatu yang akan dilakukannya, management usaha, pamasaran, pemilihan produk, resiko yang harus dihadapai serta masalah keuangan. Langkah-langkah tersebut disusun rapid an tertulis dalam bentuk proposal.
Gambaran unsur usaha yang dikemukakan sangat penting untuk memberi penjelassan mengenai produk yang ditawarkan. Begitu pentingnya proposal usaha maka hendaknya penyususnan proposal usaha harus murni dibuat oleh wirausawan sendiri dan tidak sekedar menyalin proposal usaha milik orang lain. Proposal usaha pada intinya mencakup sasaran dan strategi. Sasaran adalah apa yang ingin dicapai perusahaan, seangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran usaha. Dalam strategi mencakup perihal persiapan perusahaan untuk menghadapi situasi yang ada.
Faktor - factor penyususunan proposal usaha perlu diperhatikan beberapa factor berikut :
1. Tujuan yang realistis
Tujuan yang akan dicapai dalam perusahaan sangat berpengaruh dalam menentukan langkah-langkah kedepan serta harus disesuaikan dengan kemampuan ,spesifik dan dapat diukur serta ada kesatuan antara waktu dan parameternya
2. Fleksibelitas
Harus mudah disesuaikan dengan perkembangan usaha dan memungkinkan munculnya alternative strategi yang dipormulasikan
3. Batasan waktu
Sub-sub tujuan proposal usaha harus dibuat secara berkesinambunangan dan adanya evaluasi waktu (skhedule kerja) atau kemajuan yang akan dicapai didalam usaha Jadi buatalah cek list target development untuk mengukur pencapain target pekerjaan atau perkembangan proyek ataupun product.
4. Komitmen
Usaha perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak yang terlibatat, baik itu dari pihak keluarga, mitra bisnis, karyawan ataupun anggota lain. Sangat diperlukan komitmen yang tinggi atas usaha yang akan dicapai serta mental yang handal apapun yang terjadi penuh perjuangan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, motto itu perlu kita pegang dan perlu diyakini bahwa segala usaha yang dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar suatu saat akan mencapai keberhasilan. Walaupun ada orang yang tidak percaya bahwa dunia berputar oleh orang yang sedang mendapat kejayaan tapi untuk orang yang sedang dibawah dalam arti kata sedang merintis ataupun bangkrut kita harus yakin bahwa dunia akan beputar memutarkan kondisi kita yang sedang bangkrut menjadi sukses.
Manfaat proposal usaha
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh wirausahawan dengan penyusunan proposal usaha/bisnis penawaran produk yaitu sebagai berikut:
- Berguna untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang nyata.
- Membantu wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkandari sudut pandang pihak lain.
- Menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh
- Membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya.
- Persainganfa kotor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha dapat mendekati asumsi-asumsi secara cermat, mengenai seberapa besar angka keberhasilan dalam usaha.
Adapun manfaat lain dari proposal usaha adalah semakin jelasnya sumber-sumber keuangan. Hal ini dimungkinkan karena hal berikut ini :
- Proposal usaha dapat menjadi sebuah gambaran seorang wirausahawan.pemula dan seberapa jauh kemampuan manajerial
- Dapat mengidentifikasi adanya risiko kritis pada saat penting, guna memudahkan penemuan langkah antisipasi.
- Memberikan informasi potensi pasar dan perkiraan market share yang mungkin diraih.
- Memberikan sumber-sumber finansial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi finansial.
- Memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya.
Oleh karena proposal usaha itu dibuat bukan untuk dikonsumsi sendiri, melainkan untuk pihak luar yang terkait, seperti bankir, investor, konsumen, konsultan, pengacara, pemerintah daerah, dan sebagainya, maka wirausahawan dalam menyajikan proposal usaha harus selengkap mungkin. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana.
Ada beberapa hal yang sebaiknya dimiliki oleh wirausahawan atau tim penyusun proposal usaha, yaitu sebagai berikut:
- Pengetahuan teknologi, layak reativitas, inisiatif, dan inovatif.
- Kemampuan membuat proyeksi keuangan.
- Kemampuan dalam bidang pemasaran.
- Pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya
Sumber : Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan
Selanjutnya Penyusunan Proposal Multimedia part 2
Comments
Post a Comment