Skip to main content

Dasar Design Komunikasi Visual Part 04

 7. Tetakan struktur harga yang layak

Salah satu pertanyaan pertama yang mungkin ditanyakan pelanggan baru adalah berapa banyak Anda mengenakan biaya untuk layanan tertentu.

Sebagai bisnis formal, selalu bersiaplah untuk memberikan jawaban standar berdasarkan struktur harga yang telah ditentukan sebelumnya. Pelanggan berharap untuk diperlakukan dengan adil dan memiliki transparansi dalam hal jumlah biaya yang harus mereka keluarkan untuk layanan Anda.

8. Buat ruang kerja yang baik

Jika Anda terbiasa bekerja dari rumah sebagai desainer grafis lepas, Anda mungkin sudah memiliki ruangan yang sesuai untuk hari kerja Anda. Saat Anda menjadi bisnis yang sebenarnya, Anda perlu memikirkan lebih banyak detail untuk memastikan produktivitas dan alur kerja yang kuat. Contohnya:

·         Apakah Anda membutuhkan ruang tambahan untuk karyawan baru? Berapa banyak?

·         Apakah Anda akan menyimpan peralatan atau perlengkapan lain untuk menyelesaikan proyek?

·         Apakah area kerja bebas dari gangguan dan kebisingan?

·         Apakah Anda memerlukan ruang pribadi untuk bertemu dengan klien secara pribadi?

Meskipun beberapa pertanyaan ini mungkin tidak berlaku saat Anda pertama kali memulai bisnis desain grafis, pastikan untuk memperhitungkan pertumbuhan bisnis saat Anda merencanakan cara menggunakan ruang Anda di masa depan.

9. Bangun relasi bisnis yang potensial

Setelah Anda secara resmi memulai bisnis desain grafis, sekarang saatnya menyebarkan berita dan mulai mencari relasi dan membangun jaringan. Meskipun Anda mungkin harus mengambil langkah keluar dari zona nyaman Anda, menyebarkan berita tentang bisnis Anda adalah tanggung jawab utama di masa-masa awal.

Jika ada forum profesional di lingkungan atau komunitas Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadi anggota. Jika Anda memiliki koneksi di komunitas bisnis lokal, bagikan tautan ke situs web atau portofolio baru Anda.

Jika Anda memilih untuk bekerja dengan koneksi pribadi (seperti teman atau anggota keluarga), pastikan mereka memiliki pemahaman yang baik tentang batasan dan persyaratan bisnis Anda. Meskipun menyenangkan untuk mengulurkan tangan untuk membantu, bukanlah ide yang baik untuk terus bekerja secara gratis.

10. Pasarkan bisnis desain grafis Anda

Kebanyakan pakar bisnis setuju bahwa kesuksesan instan itu hampir mustahil. Pemilik bisnis baru harus meluangkan waktu untuk mempertimbangkan bagaimana memasarkan layanan dan produk mereka. Dengan desain grafis, Anda sering dapat menggunakan proyek sebelumnya untuk menunjukkan bakat dan keterampilan layanan pelanggan Anda.

Baik Anda menyimpan layanan pemasaran sendiri atau memilih untuk bekerja dengan konsultan bisnis, luangkan waktu untuk memastikan bahwa semua materi pemasaran (termasuk situs perusahaan Anda) mengomunikasikan misi dan tujuan merek Anda.

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Desain Grafis

Meskipun sebagian besar profesional memulai bisnis desain grafis dengan niat terbaik, kesalahan bisa saja terjadi. Sangat mudah untuk terjebak dalam detail kecil saat tekanan dalam bisnis terlalu besar.

Meski begitu, ada beberapa kesalahan penting yang harus selalu Anda hindari saat mulai membangun bisnis dan layanan Anda.

Menghindari kesalahan ini dapat membantu Anda menyelamatkan reputasi perusahaan, anggaran, dan bahkan ketenangan pikiran Anda.

Menyelesaikan pekerjaan tanpa perjanjian formal

Sejak klien pertama Anda, selalu siapkan sistem perjanjian kontrak. Kontrak resmi harus berfungsi sebagai dokumen yang mengikat secara hukum yang menguraikan persyaratan pekerjaan Anda dan peran klien dalam proses peninjauan.

Kontrak membantu memperkuat kebijakan penting seperti:

1.    Berapa biaya proyek klien setelah selesai

2.    Seperti apa proses peninjauan nanti (berapa banyak pengeditan dan revisi yang tersedia)

3.    Jam kerja dan protokol komunikasi

4.    Non-negosiabel atau standar untuk desain

5.    Harapan dan keinginan klien (misalnya, Jenis huruf, gambar tertentu, dll.)

6.    Kebijakan hak cipta dan merek dagang, selain informasi hukum penting lainnya

7.    Proses resmi untuk menyelesaikan setiap perselisihan, pembayaran yang terlewat, dll.

Kontrak membantu memastikan bahwa kedua belah pihak berada pada pemahaman yang sama sebelum proyek  dimulai. Selain itu, mereka memastikan bahwa desainer dan profesional kreatif lainnya tidak terjebak dalam menyelesaikan pekerjaan gratis atau tidak berbayar sebagai akibat dari permintaan dan opini klien.

Bekerja tidak sesuai layanan atau standar Anda

Terkadang, merupakan ide yang bagus untuk memperluas batas kreativitas Anda dan memperluas layanan yang ditawarkan oleh bisnis desain grafis Anda.

Dengan melakukan itu, ketika Anda memulai sebuah perusahaan desain grafis, Anda dapat membuka pintu peluang baru dan membangun portofolio karya inovatif yang mengesankan.

Meski begitu, desainer yang baik selalu otentik dan jujur ​​dalam proses dan gaya desain mereka. Jika ada sesuatu di luar bidang pengetahuan atau keahlian Anda, pastikan untuk mengatakannya.

Kemungkinannya adalah, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik jika Anda yakin bahwa kebutuhan proyek selaras dengan gaya, keterampilan, dan bahkan nilai Anda.

Demikian pula, penting untuk diketahui bahwa Anda tidak harus menyetujui setiap proyek saat Anda memulai perusahaan desain grafis.

Meskipun mungkin terdengar menakutkan jika menolak bisnis, mungkin ada situasi tertentu di mana Anda tidak dapat menyelesaikan tugas dengan integritas atau ketepatan yang Anda inginkan. Dalam situasi ini, Anda boleh mengevaluasi dengan cermat apa yang diminta klien dan memutuskan apakah Anda cocok atau tidak pada proyek ini.

Membangun Visibilitas Secara Online

Desain grafis mencakup banyak pekerjaan “heads-down” yang membutuhkan fokus, akurasi, dan perhatian terhadap detail. Namun, ketika Anda bertransisi dari hanya seorang desainer grafis menjadi seorang wirausaha, Anda harus memiliki kapasitas mental untuk memenuhi persyaratan lain juga.

Salah satu tugas ini adalah menciptakan visibilitas online untuk merek atau bisnis baru Anda. Baik Anda memilih platform media sosial tertentu atau mendesain situs web yang ramah pengguna, sangat penting bagi calon klien untuk mengetahui cara menemukan Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang layanan Anda.

Meskipun pemasaran dari mulut ke mulut sangat bermanfaat, jangan lupa bahwa konsumen modern secara teratur menggunakan media online. Tanpa beberapa jenis profil atau situs web, bisnis Anda mungkin dianggap tidak profesional atau tidak dapat diakses jika dibandingkan dengan pesaing.

Membangun Visi dan Misi

Sekarang Anda telah mempelajari cara memulai bisnis desain grafis, apakah Anda siap untuk benar-benar membawanya ke level yang baru? Saatnya mengembangkan misi atau pernyataan visi.

Manfaat mengembangkan pernyataan misi meliputi:

1.    Kemampuan untuk menentukan “mengapa” di balik usaha bisnis Anda

2.    Kesempatan untuk melihat dan menemukan kembali motivasi dan tujuan

3.    Kesempatan untuk berbagi apa yang Anda hargai dengan pelanggan Anda

4.    Kesempatan untuk kembali fokus ketika segala sesuatunya menjadi sibuk, sulit atau membuat stres

5.    Gagal membuat pernyataan misi atau visi merupakan kesalahan yang mudah dilakukan karena banyak detail lain yang harus mendapatkan perhatian Anda.

Namun, dengan visi dan misi yang jelas berarti Anda sudah memiliki satu tempat dapat membantu Anda tetap berkomitmen pada kerja keras dalam membangun bisnis Anda dan mengatasi tantangan.

Comments

Popular posts from this blog

Komposisi Foto untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 1

Komposisi Foto (Part 1 ) untuk Siswa/i SMK dan sederajat Macam-macam Komposisi Fotografi Sebuah foto dapat dijadikan sebagai sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, hal penting yang harus dipahami selain berbagai teknik dasar fotografi dan macam-macam lensa kamera adalah komposisi. Komposisi memiliki kekuatan untuk menyampaikan secara tepat pesan yang ingin kita sampaikan melalui media sebuah foto yang di hasilkan kepada viewer Komposisi adalah sebuah cara untuk memandu mata viewer untuk melihat elemen yang sangat penting dari sebuah foto. Sebuah komposisi yang baik dapat membantu terciptanya sebuah karya seni dari sebuah foto. Sebaliknya, komposisi yang tidak baik atau buruk dapat merusak makna sebuah foto secara keseluruhan. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer melalui media foto menjadi tidak tersampaikan kepada viewer dan komunikasi yang efektif pun tidak akan terjadi. Dalam fotografi

Pengolah Gamb Digital part 1

Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop Adobe Photoshop ini adalah suatu prodak dari ADOBE yang sengaja diluncurkan untuk para profesional photography yang hobinya Pra Wedding & Editing Photos. Adobe Photoshop adalah suatu softwae yang sangat ampuh untuk mengolah/mengedit photo.Adobe Photoshop kini sudah mengoleksi versi-versinya, mulai dari versi 7.0, 8.0(CS), 9.0(CS2), 10.0(CS3), 11.0(CS4), 12.0(CS5), sampai Versi yang saat ini adalah versi 13.0(CS6). Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop. Keterangan 1. ToolBox 2. Area Kerja Photosop 3. Status Bar 4. Menu Bar 5. Tool Option Bar 6. Palette, dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, dan layer palette. 1.1. ToolBox Bagian ini berisi berbagi jenis tools yang digunakan untuk melakukan perubahan, manipulasi, seleksi, menghapus dan sebagainya. 1.2. Area Kerja Photosop Pada bagian ini adalah bagian para Editing mengolah gambar yang akan di edit. 1.3. Status Bar Status Bar adalah keterangan suatu tools

Design Grafis Percetakan part 17 (untuk Siswa/i SMK dan sederajat)

Sampul Majalah  Istilah Sampul dalam media cetak dapat diartikan sebagai halaman terdepan yang menonjolkan atau merepresentasikan isi dari sebuah media cetak tersebut. Selain kepada majalah, istilah Sampul juga digunakan pada media media cetak lainya seperti CD album, flim, katalog, Newsletter/bulletin, buku, dan lain lain.  Dalam majalah sampul merupakan salah satu faktor penentu laris tidaknya sebuah majalah, karena sebelum melihat isi/konten dari sebuah majalah target audiens pasti akan melihat sampul dari majalah tersebut, jika sampul nya tidak menarik maka sulit untuk target audiens bisa masuk kedalam isi dari sebuah majalah.  Sebuah majalah cenderung menggunakan publik figur sebagai sampul yang bertujuan untuk meningkatkan dan menarik minat dari target audiens, khususnya kepada majalah majalah lifestyle, musik, politik dan lain lain.  Fungsi Tipografi Dalam Layout Majalah Perkembangan teknologi memberikan persepsi yang berbeda dalam beberapa bidang keahlian dalam men