7. Tetakan struktur harga yang layak
Salah satu pertanyaan pertama yang mungkin ditanyakan pelanggan
baru adalah berapa banyak Anda mengenakan biaya untuk layanan tertentu.
Sebagai bisnis formal, selalu bersiaplah untuk memberikan
jawaban standar berdasarkan struktur harga yang telah ditentukan sebelumnya.
Pelanggan berharap untuk diperlakukan dengan adil dan memiliki transparansi
dalam hal jumlah biaya yang harus mereka keluarkan untuk layanan Anda.
8. Buat ruang kerja yang baik
Jika Anda terbiasa bekerja dari rumah sebagai desainer grafis
lepas, Anda mungkin sudah memiliki ruangan yang sesuai untuk hari kerja Anda.
Saat Anda menjadi bisnis yang sebenarnya, Anda perlu memikirkan lebih banyak
detail untuk memastikan produktivitas dan alur kerja yang kuat. Contohnya:
·
Apakah Anda membutuhkan ruang tambahan untuk karyawan baru?
Berapa banyak?
·
Apakah Anda akan menyimpan peralatan atau perlengkapan lain
untuk menyelesaikan proyek?
·
Apakah area kerja bebas dari gangguan dan kebisingan?
·
Apakah Anda memerlukan ruang pribadi untuk bertemu dengan klien
secara pribadi?
Meskipun beberapa pertanyaan ini mungkin tidak berlaku saat Anda
pertama kali memulai bisnis desain grafis, pastikan untuk memperhitungkan
pertumbuhan bisnis saat Anda merencanakan cara menggunakan ruang Anda di masa
depan.
9. Bangun relasi bisnis yang potensial
Setelah Anda secara resmi memulai bisnis desain grafis, sekarang
saatnya menyebarkan berita dan mulai mencari relasi dan membangun jaringan.
Meskipun Anda mungkin harus mengambil langkah keluar dari zona nyaman Anda,
menyebarkan berita tentang bisnis Anda adalah tanggung jawab utama di masa-masa
awal.
Jika ada forum profesional di lingkungan atau komunitas Anda,
sekarang adalah waktu yang tepat untuk menjadi anggota. Jika Anda memiliki
koneksi di komunitas bisnis lokal, bagikan tautan ke situs web atau portofolio
baru Anda.
Jika Anda memilih untuk bekerja dengan koneksi pribadi (seperti
teman atau anggota keluarga), pastikan mereka memiliki pemahaman yang baik
tentang batasan dan persyaratan bisnis Anda. Meskipun menyenangkan untuk
mengulurkan tangan untuk membantu, bukanlah ide yang baik untuk terus bekerja
secara gratis.
10. Pasarkan bisnis desain grafis Anda
Kebanyakan pakar bisnis setuju bahwa kesuksesan instan itu
hampir mustahil. Pemilik bisnis baru harus meluangkan waktu untuk
mempertimbangkan bagaimana memasarkan layanan dan produk mereka. Dengan desain
grafis, Anda sering dapat menggunakan proyek sebelumnya untuk menunjukkan bakat
dan keterampilan layanan pelanggan Anda.
Baik Anda menyimpan layanan pemasaran sendiri atau memilih untuk
bekerja dengan konsultan bisnis, luangkan waktu untuk memastikan bahwa semua
materi pemasaran (termasuk situs perusahaan Anda) mengomunikasikan misi dan
tujuan merek Anda.
Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Desain Grafis
Meskipun sebagian besar profesional memulai bisnis desain grafis
dengan niat terbaik, kesalahan bisa saja terjadi. Sangat mudah untuk terjebak
dalam detail kecil saat tekanan dalam bisnis terlalu besar.
Meski begitu, ada beberapa kesalahan penting yang harus selalu
Anda hindari saat mulai membangun bisnis dan layanan Anda.
Menghindari kesalahan ini dapat membantu Anda menyelamatkan
reputasi perusahaan, anggaran, dan bahkan ketenangan pikiran Anda.
Menyelesaikan pekerjaan tanpa perjanjian formal
Sejak klien pertama Anda, selalu siapkan sistem perjanjian kontrak.
Kontrak resmi harus berfungsi sebagai dokumen yang mengikat secara hukum yang
menguraikan persyaratan pekerjaan Anda dan peran klien dalam proses peninjauan.
Kontrak membantu memperkuat kebijakan penting seperti:
1.
Berapa biaya proyek klien setelah selesai
2.
Seperti apa proses peninjauan nanti (berapa banyak pengeditan
dan revisi yang tersedia)
3.
Jam kerja dan protokol komunikasi
4.
Non-negosiabel atau standar untuk desain
5.
Harapan dan keinginan klien (misalnya, Jenis huruf, gambar
tertentu, dll.)
6.
Kebijakan hak cipta dan merek dagang, selain informasi hukum
penting lainnya
7.
Proses resmi untuk menyelesaikan setiap perselisihan, pembayaran
yang terlewat, dll.
Kontrak membantu memastikan bahwa kedua belah pihak berada pada
pemahaman yang sama sebelum proyek dimulai. Selain itu, mereka memastikan
bahwa desainer dan profesional kreatif lainnya tidak terjebak dalam
menyelesaikan pekerjaan gratis atau tidak berbayar sebagai akibat dari
permintaan dan opini klien.
Bekerja tidak sesuai layanan atau standar Anda
Terkadang, merupakan ide yang bagus untuk memperluas batas
kreativitas Anda dan memperluas layanan yang ditawarkan oleh bisnis desain
grafis Anda.
Dengan melakukan itu, ketika Anda memulai sebuah perusahaan
desain grafis, Anda dapat membuka pintu peluang baru dan membangun portofolio
karya inovatif yang mengesankan.
Meski begitu, desainer yang baik selalu otentik dan jujur
dalam proses dan gaya desain mereka. Jika ada sesuatu di luar bidang
pengetahuan atau keahlian Anda, pastikan untuk mengatakannya.
Kemungkinannya adalah, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan
lebih baik jika Anda yakin bahwa kebutuhan proyek selaras dengan gaya,
keterampilan, dan bahkan nilai Anda.
Demikian pula, penting untuk diketahui bahwa Anda tidak harus
menyetujui setiap proyek saat Anda memulai perusahaan desain grafis.
Meskipun mungkin terdengar menakutkan jika menolak bisnis,
mungkin ada situasi tertentu di mana Anda tidak dapat menyelesaikan tugas
dengan integritas atau ketepatan yang Anda inginkan. Dalam situasi ini, Anda
boleh mengevaluasi dengan cermat apa yang diminta klien dan memutuskan apakah
Anda cocok atau tidak pada proyek ini.
Membangun Visibilitas Secara Online
Desain grafis mencakup banyak pekerjaan “heads-down” yang
membutuhkan fokus, akurasi, dan perhatian terhadap detail. Namun, ketika Anda
bertransisi dari hanya seorang desainer grafis menjadi seorang wirausaha, Anda
harus memiliki kapasitas mental untuk memenuhi persyaratan lain juga.
Salah satu tugas ini adalah menciptakan visibilitas online untuk
merek atau bisnis baru Anda. Baik Anda memilih platform media sosial tertentu
atau mendesain situs web yang ramah pengguna, sangat penting bagi calon klien
untuk mengetahui cara menemukan Anda dan mempelajari lebih lanjut tentang
layanan Anda.
Meskipun pemasaran dari mulut ke mulut sangat bermanfaat, jangan
lupa bahwa konsumen modern secara teratur menggunakan media online. Tanpa
beberapa jenis profil atau situs web, bisnis Anda mungkin dianggap tidak
profesional atau tidak dapat diakses jika dibandingkan dengan pesaing.
Membangun Visi dan Misi
Sekarang Anda telah mempelajari cara memulai bisnis desain
grafis, apakah Anda siap untuk benar-benar membawanya ke level yang baru?
Saatnya mengembangkan misi atau pernyataan visi.
Manfaat mengembangkan pernyataan misi meliputi:
1.
Kemampuan untuk menentukan “mengapa” di balik usaha bisnis Anda
2.
Kesempatan untuk melihat dan menemukan kembali motivasi dan
tujuan
3.
Kesempatan untuk berbagi apa yang Anda hargai dengan pelanggan
Anda
4.
Kesempatan untuk kembali fokus ketika segala sesuatunya menjadi
sibuk, sulit atau membuat stres
5.
Gagal membuat pernyataan misi atau visi merupakan kesalahan yang
mudah dilakukan karena banyak detail lain yang harus mendapatkan perhatian
Anda.
Comments
Post a Comment