Skip to main content

Penyusunan Proposal Multimedia untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 02

Penyusunan Proposal Multimedia

Petunjuk Penyusunan Proposal Usaha
Menetapkan jenis usaha yang di­inginkan dan sekaligus menguntung­kan adalah pekerjaan yang tidak mu­dah. Seorang wirausahawan harus bersedia bekerja keras mencari in­formasi kira-kira usaha apa yang paling cocok dan menguntungkankhususnya dibidang multimedia.

Setelah mempunyai keyakinan yang mantap, tindakan selanjutnya adalah menyusun proposal usaha. Namun, secara umum, proposal usaha harus disusun berdasarkan analisis wirausahawan terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang akan dihadapi.

Beberapa Petunjuk Penyusunan Proposal :
  1. Menetapkan jenis usaha yang diinginkan.
  2. Menetapkan aspek produk yang akan dibuat.
  3. Menetapkan aspek pemasaran produk.
  4. Menetapkan aspek teknis, penyaluran produk.
  5. Menetapkan aspek organisasi dan manajemen.
  6. Menetapkan aspek yuridis.
  7. Melalsanakan aspek administrasi.
  8. Mengetahui aspek sumber keuangan.
  9. Mempelajari aspek kebijakan pemerintah daerah.
  10. Mempelajari aspek ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan).

Tidak ada aturan baku yang mengatur dalam penyusunan draf proposal usaha. Akan tetapi, pada umumnya proposal usaha memuat hal-hal sebagai berikut:

1. Halaman Depan
Sampul dan kemasan memiliki banyak pilihan untuk mendesain tampilan dan rasa proposal anda. Meskipun kita sering memperingatkan untuk tidak meniali buku dari sampulnya kenyataannya seorang pelaksana membutuhkan waktu sekitar dua detik untuk menilai kualitas dokumen yang sedang ditangani. Terkadang mereka memutuskan sebelum mereka menyentuhnya. Perkirakan orang akan membaca proposal anda dan temukan keinginan mereka sesuaikan proposal anda dengan keinginan mereka.

Ada dua strategi untuk bahwa dokumen proposal anda masih amatir dan belum proposional (menghindari kesan negatip). Pada halaman depan juga dicantumkan nama dan alamat perusahaan.serta nama orang yang bertanggung jawab.

Kembangkan style khusus untuk sampul dan kemasan proposal, termasuk kustom pilih Font, seni sampul dan grafis, illustrasi dan gambar, bagian yang unik dan style paragraph, dan penjilidan yang rapih. Kerjakan proposal anda sebaik mungkin

Buatlah seluruh kemasan dengan sederhana dan simple, tetapi tampak resmi. Bagian sederhana dari pendekatan tersebut berarti tidak repot dengan banyak font dan style. Kecermatan ini mungkin akan berasil untuk proposal yang ditujukan pada agen-agen pemerintah, dimana 10 point Tahoma atau 12 point Arial mungkin tidak hanya standard de facto, tetapi format dokumen yang diminta. Akan tetapi untuk pendekatan yang sedehana seberkas kertas sudah cukup. Jangan coba mendandani seberkas kerta sudah cukup jangan coba mendandani presentasi sederhana dengan folder Pee-Chee atau sampul plastic murahan ; jagalah agar tetap tipis dan bermakna

2. Daftar Isi
Para eksekutif yang sibuk ingin mengantisipasi sebuah dokumen dan memahami isinya dalam urutan singkat. Sebuah daftar isi atau indeks merupakan sebuah cara langsung untuk mempersetasikan elemen-elemen proposal anda dalamikhtisar yang dipadatkan. 

Dalam beberapa situasi anda boleh menyertakan sebuah ringkasan eksekutif (eksekutif summary) sebuah pendahuluan yang berisibeberapa paragraph mengenai deskripsi yang ringkas dan tajam, serta total anggaran. Ringkasa tersebut harus berada pada halaman atau hal berikutnya. Berisi kerangka proposal usaha dengan dilengkapi nomor halaman.

3. Deskripsi analisa kebutuhan
Dalam beberapa proposal sangat berguna untuk mendeskripsikan alas an proyek yang dikemukakan dalam beberapa detail. Deskripsi dan analisis kebutuhan sudah umum yang harus melewati hirearki para eksekutif perusahaan untuk mencari persetujuan dan pendanaan
Dalam proposal usaha diungkapkan strategi perusahaan dan tim manajemen pengelola perusahaan.

4. Audiens Sasaran
Semua proposal multimedia harus menyertakan sebuah bagian yang menjelaskan audiens sasaran dan platform sasaran.ketika kapabilitas multimedia pengguna akhir memiliki range yang luas dan tak terbatas, maka penting untuk menjelaskan perangkat lunak dan perangkat keras platform pengiriman yang ingin disajikan. 

Sebagai contoh jika proyek anda membutuhkan player compact disk, tetapi platform pengguna akhir tidak memiliki satupun, anda harus menyesuaikan stategi multimedia anada dengan merevisi rancangan tersebut atau meminta pengguna akhir untuk memiliki sebuah player atau bahkan menjadi peluanga proyek baru yaitu dilengkapi dengan pengadaan peralatan sesuai dengan kebutuhan. Menjelaskan mengenai pasar yang dituju, besar potensi pasar dan berbagai strategi serta ramalan tentang target konsumen pada masa mendatang.

5. Strategi Kreatif.
Bagian startegi kreatif sebuah deskripsi mengenai look and feel dari proyek itu sendiri sangat penting bagi proposal anda, khususnya jika para eksekutif melihat proposal, anda tidak menyajikan kreatif session atau tidak berfartisipasi dalam pembahasan pendahuluan. 

Jika anda memiliki gallery proyek yang sudah selesai hamper sama dengan upaya penawaran anda maka akan sangat membantu jika strategi kreatip itu dimasukan kedalam proposal anda proposal anda buatlah heading terpisah dan masukan grafis dan diagram. Garis besarna yaitu menjelaskan tentang kualitas, kuantitas, kegunaan, dan keistimewaan barang dan jasa produk yang dihasilkan dengan stategi dan sajian yang menarik.

6. Impelmentasi proyek
Sebuah proposal harus bias menjelaskan bagaimana proyek tersebut akan diorganisasikan dan dijadwalkan perhitungan biaya akan didasarkan pada penjelasan ini bagian implementasi proyek proposal anda akan memuat kalender detail, dengan perencanaan proyek PERT serta daftar tugas khusus dan tanggal penyelesaian, deliverable dan jadwal kerja yang disertakan . Informasi ini mungkin luas dan detail, tergantung tuntunan klien bagian implemtasi proyek tidak hanya berkisar tentang berapa banyak pekerjaan yang ada, melainkan bagaimana pekerjaan akan dikelola dan dilakukan . anda mungkin tidak perlu memperhitungkan waktu dalam jam-jam kerja, tetapi lebih pada jumlah waktu kalender yang diminta untuk menyelesaikan setiap tahap.

7. Anggaran
Anggaran berhubungan langsung dengan cakupan kerja yang sudah disusun dib again implemenatasi proyek . Pilihlah biaya terperinci dari deskripsi imoplemenatasi proyek dan gabungkan waktu tugas dari setiap tahap proyek kedalam kegiatan yang berguna bagi klien. Menjelaskan mengenai rencana permodalan dan proyeksinya, neraca pendahuluan, aliran kas, dan pendapatannya.


Sumber : Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan

Comments

Popular posts from this blog

Komposisi Foto untuk Siswa/i SMK dan sederajat Part 1

Komposisi Foto (Part 1 ) untuk Siswa/i SMK dan sederajat Macam-macam Komposisi Fotografi Sebuah foto dapat dijadikan sebagai sebuah media komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Sebagai seorang fotografer, hal penting yang harus dipahami selain berbagai teknik dasar fotografi dan macam-macam lensa kamera adalah komposisi. Komposisi memiliki kekuatan untuk menyampaikan secara tepat pesan yang ingin kita sampaikan melalui media sebuah foto yang di hasilkan kepada viewer Komposisi adalah sebuah cara untuk memandu mata viewer untuk melihat elemen yang sangat penting dari sebuah foto. Sebuah komposisi yang baik dapat membantu terciptanya sebuah karya seni dari sebuah foto. Sebaliknya, komposisi yang tidak baik atau buruk dapat merusak makna sebuah foto secara keseluruhan. Akibatnya, pesan yang ingin disampaikan oleh fotografer melalui media foto menjadi tidak tersampaikan kepada viewer dan komunikasi yang efektif pun tidak akan terjadi. Dalam fotografi

Pengolah Gamb Digital part 1

Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop Adobe Photoshop ini adalah suatu prodak dari ADOBE yang sengaja diluncurkan untuk para profesional photography yang hobinya Pra Wedding & Editing Photos. Adobe Photoshop adalah suatu softwae yang sangat ampuh untuk mengolah/mengedit photo.Adobe Photoshop kini sudah mengoleksi versi-versinya, mulai dari versi 7.0, 8.0(CS), 9.0(CS2), 10.0(CS3), 11.0(CS4), 12.0(CS5), sampai Versi yang saat ini adalah versi 13.0(CS6). Mengenal Area Kerja Adobe Photoshop. Keterangan 1. ToolBox 2. Area Kerja Photosop 3. Status Bar 4. Menu Bar 5. Tool Option Bar 6. Palette, dari atas ke bawah: navigation palette, color palette, dan layer palette. 1.1. ToolBox Bagian ini berisi berbagi jenis tools yang digunakan untuk melakukan perubahan, manipulasi, seleksi, menghapus dan sebagainya. 1.2. Area Kerja Photosop Pada bagian ini adalah bagian para Editing mengolah gambar yang akan di edit. 1.3. Status Bar Status Bar adalah keterangan suatu tools

Design Grafis Percetakan part 17 (untuk Siswa/i SMK dan sederajat)

Sampul Majalah  Istilah Sampul dalam media cetak dapat diartikan sebagai halaman terdepan yang menonjolkan atau merepresentasikan isi dari sebuah media cetak tersebut. Selain kepada majalah, istilah Sampul juga digunakan pada media media cetak lainya seperti CD album, flim, katalog, Newsletter/bulletin, buku, dan lain lain.  Dalam majalah sampul merupakan salah satu faktor penentu laris tidaknya sebuah majalah, karena sebelum melihat isi/konten dari sebuah majalah target audiens pasti akan melihat sampul dari majalah tersebut, jika sampul nya tidak menarik maka sulit untuk target audiens bisa masuk kedalam isi dari sebuah majalah.  Sebuah majalah cenderung menggunakan publik figur sebagai sampul yang bertujuan untuk meningkatkan dan menarik minat dari target audiens, khususnya kepada majalah majalah lifestyle, musik, politik dan lain lain.  Fungsi Tipografi Dalam Layout Majalah Perkembangan teknologi memberikan persepsi yang berbeda dalam beberapa bidang keahlian dalam men